Rabu, 22 Februari 2012

RESENSI BUKU

Dua buku dibawah ini, menjadi pilihan bacaan saya, yang pada dasarnya memiliki "genre" yang sama, yaitu mengenai "keuangan". Dua buku tersebut, saya dapatkan di Perpustakaan BKKBN Pusat, yang saat ini, telah expand, dengan menyediakan buku-buku berkualitas dan ter"update", sehingga, tak mau ketinggalan saya untuk meminjamnya terlebih dahulu.

Buku Pertama, yang sebenarnya sudah agak lama terbit, tapi baru saat ini saya selesai membacanya.
Judul : 7 Keajaiban Rezeki
Penulis : Ippho Santosa


Buku ini, menceritakan mengenai langkah-langkah, tentang bagaimana kita dapat memperoleh rezeki yang "berlimpah" dengan 7 cara menurut penulis. Menurut saya, penuturan penulis dalam buku ini cukup mudah untuk dimengerti, hanya saja, menurut saya, agak ber"kembang" sehingga ada bagian yang menurut saya kurang perlu, tapi tetap dituliskan. Namun, kembali, ini menjadi cara seseorang dalam menulis dan terbukti, buku ini best seller dikarenakan banyak makna mendalam dalam buku ini.

Entah, akhir2 ini banyak "genre" buku seperti ini, intinya, mengenai hebatnya sedekah. Terakhir, ada buku best seller juga, yang sempat heboh di televisi yaitu Notes from Qatar 2, yang setelah penulisnya diwawancara, isi buku tersebut, juga mengenai hebatnya sedekah. Selain, Ustad Yusuf Mansur, yang telah lebih awal, menerbitkan buku2 semacam itu. Well, intinya, bersedekahlah, maka rezekimu akan bertambah.

Dari buku 7 keajaiban rezeki, saya mendapat banyak hikmah. Diantaranya mengenai 7 cara yang menurut penulis dapat membuka pintu rezeki secara "luar biasa" :
1. Sidik Jari kemenangan : berisi mengenai impian-impian yang kita inginkan, dituliskan dalam satu halaman khusus di buku ini. Tujuannya untuk memperjelas, impian atau cita-cita kemenangan kita.
2. Sepasang Bidadari : Jika ingin rezeki mu lancar, yang pertama-tama adalah bahagiakan kedua orang tuamu dan juga istri/suamimu (sebagai pasangan hidup). Well,,bagian ini menjadi halaman favorit saya.
3. Golongan Kanan : Fakta mengenai unggulnya orang-orang yang mempergunakan otak kanan.
4. Simpul Perdagangan : bagaimana perdagangan menjadi salah satu simpul rezeki yang paling utama.
5. Perisai Langit : Sedekah dan ibadah-ibadah lainnya menjadi penentu keberkahan dan kelancaran rezekimu.
6. Pembeda Abadi : Jadilah, pribadi yang unik, yang berbeda secara positif. sehingga orang lain dapat mengenali diri kita sebagai seseorang yang memiliki kemampuan lebih disalah satu bidang. Dengan cara meng"akselerasi" kelebihan yang kita miliki, dan hiraukan kelemahan yang kita punyai.
7. Pelangi Ikhtiar : Ikhtiar atau action, menjadi penentu keberhasilan kita. Tanpa tindakan, semua motivasi tidak akan membuahkan hasil.

Semoga kita dapat memetik manfaat dari buku ini.. Amin

Buku kedua, menceritakan mengenai hal yang judulnya cukup kontroversial. Menyebabkan saya juga suami, cukup penasaran dengan isi buku ini. Namun, menurut saya, buku ini kurang menjawab penasaran saya. Tapi, sedikit banyak buku ini memberikan sudut pandang yang memperkaya cara pandang saya.
Judul : 6 Bulan Bisa Beli Properti Kontan! tanpa uang tanpa KPR nggak perlu nunggu harga miring
Penulis : Cipto Junaedy


Di awal buku ini, penuturan penulis, membuat saya tidak bosan untuk membacanya. Namun, ternyata, ditengah2 buku, banyak pengulangan. sehingga membuat saya, tak jarang mempercepat membaca, dengan melewatkan halaman-halaman yang sekilas, hanya mengulang cerita di awal bab.

Diakhir buku, saya baru menemukan, itupun sedikit dari rasa penasaran saya. Karena kalau ingin lengkap, menurut penulis, saya harus mengikuti seminarnya. well...strategi yang bagus.

Intinya, membeli properti tanpa uang, menurut penulis, ada serangkaian strategi yang harus dilakukan. Tapi, jangan harap anda menemukan strategi tersebut secara gamblang dibuku ini, karena anda tidak akan menemukannya. Anda hanya akan menemukan cara umum yang penulis paparkan diantaranya:
1. Anda harus rajin-rajin baca iklan properti di surat kabar
2. Jalan-jalan cari properti
3. Rajin ikut gathering dan konsultasi dengan penulis (Pak Cipto)

Tiga poin diatas, yang saya dapatkan. Dan intinya, untuk lebih jelasnya, anda harus ikut seminarnya. Yang memang sudah banyak yang membuktikannya. Well, paling tidak, saya tidak lagi penasaran akan isi buku ini. Dan saya sudah mendapatkan inti sari dari buku ini, walau kurang mendetail. Tapi, pada dasarnya saya telah mendapatkan ide baru mengenai cara membeli properti tanpa uang. Plus, visi utama beliau yang cukup inspired, yaitu minimal kita memiliki properti sejumlah anak kita.

Oke.. Semangat untuk kita.
Semangat untuk mengisi hidup dengan hal-hal yang bermanfaat dan bernilai pahala. Amin

Tidak ada komentar: