Rabu, 23 November 2011

I N S P I R I N G

Last night, when i was waiting my husband came back from his office, I saw Mario Tegus show at Metro TV. The title of the show was 10+1. The guest stars were Dahlan Iskan, Pepeng, and Komisaris Utama PT. Pertamina (i forgot the name). I really enjoyed saw the show last night, although the signal of our television was so weak. I got so many inspiring sentences from the guest star especially the low profile man, Dahlan Iskan.

Dahlan Iskan, saat ini menjabat sebagai Menteri BUMN, sebuah jabatan prestisius setelah sebelumnya ia memimpin salah satu perusahaan BUMN (yaitu PLN). Dan sekarang ia menjadi pemimpin dari berpuluh-puluh perusahaan BUMN di Indonesia. Ia sharing mengenai pengalamannya sejak kecil hingga ia dapat berhasil seperti sekarang.
Ia terlahir dari keluarga yang amat sederhana. Ayahnya adalah seorang buruh tani. Ketika itu ia hanya berfikir, paling top, ketika ia besar, hanya akan menjadi guru ibtidaiyah di kampung halaman dan selanjutnya menikah ya paling-paling dengan tetangga dekat rumahnya (sambil ia tertawa..).

Namun, semuanya bermula ketika ia memutuskan untuk pergi merantau dengan kakaknya yang transmigrasi ke Kalimantan. Dari sanalah, ia dapat bersekolah, dan menjadi permulaan atas keberhasilannya saat ini. Menurut Dahlan Iskan, resep berhasilnya ialah ketika seseorang mampu untuk :
(1) Mengalahkan rasa takutnya.
Ketika kita sanggup untuk mengalahkan rasa takut kita akan segala sesuatu, maka
akan memunculkan rasa percaya diri dalam diri kita. Sehingga, kita akan optimis
untuk menjalankan apa yang ingin kita capai. So.. Jangan pernah takut kepada
apapun itu kecuali hanya kepada Allah.
(2) Mengontrol over confidence
Setelah kita sanggup mengalahkan rasa takut, maka akan muncul rasa percaya diri.
Namun, rasa percaya diri ketika terlalu berlebihan juga tidak baik. Oleh karena
itu, kita akan disebut berhasil tahap dua ketika kita sanggup mengontrol over
confidence dengan tetap rendah hati, ikhlas dan jujur.
(3) Mengontrol "power"
Setelah kita mampu untuk mengontrol over confidence, anda sebenarnya telah
memiliki power/kekuasaan. Namun, biasanya tidak semua orang ketika ada dalam
posisi ini sanggup untuk menjaga powernya. Oleh karena itu, siapa yang sanggup
untuk menjaga kekuasaannya dengan tetap low profile dan mementingkan kepentingan
orang lain. Maka ia, telah berhasil pada tahap 3 ini.

Dahlan Iskan, terkenal sebagai orang yang tetap sederhana dan baik hati, sekalipun ia telah mencapai posisi yang tinggi. Hal ini, memang belum pernah saya buktikan sendiri. Namun, hal ini terlihat dari perlakuan beberapa orang terhadapnya, yang menganggapnya "spesial" dan "berbeda" , termasuk Mario Teguh yang sangat mengistimewakannya ketika itu. So..kita bisa belajar, dari konsep keberhasilannya. Menjadi sukses itu bisa dicapai banyak orang tapi menjadi tetap low profile dan baik hati, ehm.. tidak semua orang bisa kan?.



Menurut Mario Teguh..
Keberhasilan itu bukan pada sampainya tapi dilihat dari berangkat dari mananya..

Tidak ada komentar: