Selasa, 07 September 2010

BEST SELLER


Dua buku diatas sama-sama berlabelkan BEST SELLER. Selain memang karena kualitas tulisan yang bagus, dua-duanya juga telah dibaca oleh lebih dari seratus orang tentunya.

Buku terakhir yang ku baca adalah buku karangan Ajahn Brahm (seorang biksu bule) lulusan Cambrige University Sarjana Fisika Teori. Judul buku ini cukup menarik yaitu 'Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya". Saya membeli buku ini ketika datang ke book fair di Gelora Bung Karno beberapa bulan lalu, dan baru sempat saya baca kemarin.

Setelah saya membaca buku ini, saya sangat merekomendasikan teman-teman untuk juga membacanya. Bahasannya sangat ringan, tidak menggurui, tidak sulit untuk dicerna, juga sangat sarat makna, terlebih tuturan si penulis sangat lucu sehingga tak jarang kita tersenyum2 ketika membacanya. Sekalipun penulis adalah seorang biksu, tapi di buku ini tidak sama sekali mempengaruhi akidah kita. Semuanya tulus dan apa adanya..
(Kesan saya sangat dalam, karena memang bahasan dalam buku ini sangat pas dengan kondisi saya..) :-)

Dalam buku ini juga diceritakan tentang kehidupan para biksu, yang tidak menikah, tidak menjalin hubungan dengan lawan jenis, tidak menerima honor setelah ceramah (tapi menerima coklat...), juga cara meditasi mereka yang sangat special. Hal-hal yang diajarkan oleh biksu senior pun terkesan tidak terlalu sulit, semua dilihat dari kehidupan manusia sehari-hari. Tentang monster dan kemarahan yang sangat menyentuhku.. juga tentang tulus memberikan kebaikan kepada orang lain, tanpa berfikir mereka akan memanfaatkan kebaikan kita. dan masih banyak lainnya. Juga tentang cerita ular yang sangat lucu..

Satu hal lagi, kita sangat perlu rehat dari segala rutinitas yang kita tak tahu apa solusinya. dan nasihatnya ketika memang tidak ada yang perlu kita lakukan, maka ya jangan ngapa-ngapain.. :-)

Selamat membaca dan temukan sensasinya sendiri..

Selain buku diatas, saya juga telah membaca buku negeri 5 menara. Buku islami, yang menceritakan kehidupan di pesantren. Satu hal yang menurutku sama dengan buku di atas adalah KELUAR DARI HIRUK PIKUK DUNIA. Kita sangat memerlukan itu, disaat kondisi kita sehari-hari terlalu hectic dan penuh dengan KELAKAR tak berkesudahan. Yang membuat emosi saja, dan ujung2nya membuat saya marah tak jelas akarnya..

Dua buku diatas, adalah favorit saya.
Silahkan anda untuk membacanya, yang bisa sesuai dengan selera anda atau mungkin tidak. Yang pasti, bagi anda yang sedang sangat jenuh dengan rutinitas, buku-buku ini high recommended.. :-)

Tidak ada komentar: