Selasa, 27 November 2012

Hamil!!!

Alhamdulillah...akhir-akhir ini, aku sering dapat kabar dari teman, yang mengatakan bahwa mereka sedang hamil... Entah anak pertama, maupun anak kedua. Setelah kemarin2 banyak mendapat undangan pernikahan dari teman2, sekarang saatnya mendengar kabar, bahwa mereka sedang hamil. Aku bisa merasakan betapa bahagianya mereka. Dan yang pasti,,saat ini mereka sedang mencari banyak informasi mengenai kehamilannya, apalagi bagi yang baru pertama kali hamil.

Sekian banyak teman yang menanyakan tentang Rumah Sakit yang bagus untuk periksa hamil. Well, sedikit aku review di blog ini ya..

Jujur, Depok saat ini memiliki banyak kemajuan yang sangat pesat sekali, terutama dari total rumah sakit yang semakin ber"jamur" di Depok. Kabar baiknya, industri di Depok meningkat, tapi kabar buruknya bisa jadi banyak yang sakit ya di Depok. Sebut saja ada Rumah Sakit Hermina Depok, RS Mitra Keluarga, RS HGA, RSUD Kota Depok, RS Bhakti Yudha, RS Sentra Medika dan masih banyak Rumah Sakit lainnya apalagi Rumah Bersalin.

Sebagai pengunjung tetap RS ketika sedang hamil kemarin, saya dan suami memang pernah sesekali melihat RS-RS yang ada di Depok sebagai perbandingan. Namun, dari sekian RS yang saya sebutkan tadi, RS Hermina Depok memang salah satu RS yang menurut saya cukup komplit dan memiliki fasilitas serta kualitas dokter yang oke punya. Jadi, bisa menjadi salah satu referensi bagi teman-teman yang mau periksa hamil. Di RS ini, terdapat beberapa dokter kandungan yang oke punya. Kebetulan, saat itu saya periksa dengan dr. Nining. Dokter cantik satu ini, memang punya "penggemar" yang banyak banget, terbukti, saya dan suami tidak pernah tidak mengantri lama, hanya demi di poles USG dengan beliau yang hanya kurang lebih 15 menit. Suami saya sudah siap2 buku atau BB ketika mau menemani saya kontrol, karena ia sudah hapal tentang durasi kami menunggu disana bisa satu jam lebih say.. Intinya, sabar sabar aja ya kalau mau pilih dokter yang satu ini. Tapi, kondisi seperti saya tadi, dikarenakan saya kontrol setiap hari Sabtu, disaat saya dan suami libur kerja. Tapi, menurut pengalaman saya, jika di hari lain, "penggemar" dokter Nining agak berkurang, jadi mengantrinya tidak begitu lama. Namun, tetap saja, jumlah pasiennya lebih banyak dari dokter kandungan lainnya. So..bisa menjadi pertimbangan teman2. Ada juga nama seperti dr. Novi, yang memiliki penggemar fanatik lainnya. Yang menurut banyak sumber, beliau cukup sabar mendengar segala keluh kesah pasien hamilnya.

Setelah berbicara tentang dokter, satu hal lagi yang patut menjadi pertimbangan dan masukan bagi teman2 adalah usahakan untuk tidak terlalu ngoyo nunggu tebusan vitamin dari dokter di apotek hermina depok. karena apa?? karena harus mengantri lama lagi. Jadi, kalau ditotal antara antri dokter dan vitamin, bisa dua - tiga jam sendiri. Menurut, salah satu teman saya, untuk vitamin ibu hamil, bisa dibeli di apotek lainny di luar rumah sakit, karena vitamin2 tersebut ada disetiap apotek. Selain itu, harganya juga bisa jauh dibawah harga apotek rumah sakit. Waktu itu, saya dan suami, harus menunggu lama di apotek. Menurut pertimbangan suami saya, sudah tidak apa2 daripada kita harus mencari lagi di apotek luar, karena sudah ada agenda lainnya. Ya sudah, kita menunggu lagi.. dan Alhamdullillah kita lulus ujian antrian tersebut hingga usia kehamilan saya 9 bulan dan lahirlah Si Liga Haddaf Saga Putra, anak kami.

Lainnya, RS Hermina, menyediakan kelas senam hamil. Ini yang paling menarik menurut saya. Pengalaman mengesankan dan paling bermanfaat untuk proses kelahiran nanti. Ketika itu usia kehamilan saya sudah memasuki minggu ke 37. Usia kehamilan yang terbilang sudah tua, karena ternyata banyak peserta kelas hamil lainnya yang baru masuk usia kehamilan 33 minggu  dan kurang dari itu. Oleh karena itu, kami yang sudah hamil "tua" mendapat ekstra latihan.. karena menurut instrukturnya, kami sudah sebentar lagi akan "bertelur" hehee.. ternyata, pelajaran di kelas hamil tersebut, terbukti "ampuh" melatihku ketika proses melahirkan kemarin. Saya diajari teknik bernafas yang benar, teknik mengejan yang benar, teknik tidur yang tepat disaat kehamilan sudah semakin besar dan banyak lagi. Walaupun saya cuma berkesempatan hanya ikut satu kali kelas senam hamil, tapi ternyata punya efek yang besar bagi proses melahirkan saya kemarin. So..bagi teman2 yang masih punya waktu banyak, usahakan untuk ikut kelas hamil paling tidak satu kali sebelum hari H-persalinan.

Setelah senam hamil, saya sedikit mereview tentang ruang rawat pasca lahir dan ruang operasi RS Hermina ya.. Ini pertama kalinya, saya masuk RS operasi, sembari disertai dengan rasa mulas yang luar biasa. Jadi, kesan saya terhadap ruang operasi RS Hermina adalah DINGIN... Sesampainya di ruang operasi, saya langsung diperiksa dalam oleh bidan yang ramah2. Setelah itu, ketika pembukaan saya dianggap sudah memasuki pembukaan dua. Saya diminta berganti pakaian dengan pakaian operasi. Setelah itu, saya dipersilahkan tiduran. Bukan tidur tepatnya, tapi tidur sambil merintih mulas yang luar biasa enak sekali. Inilah yang disebut kalau kita tidak boleh durhaka sama Ibu.. karena sakitnya gak kebayar.. Yupss.. kesan atas ruang operasi, tidak terlalu detail untuk saya karena rasa mulas tadi. Tapi, saya kebetulan, alhamdulillah, dapat ruang operasi yang hanya terdiri dari saya sendiri saja. di kamar itu, ada satu kamar mandi dan tempat duduk tamu. Ruangannya cukup besar dan tentunya dingin, sehingga saya menggigil ketika itu. Selepas melahirkan saya dibawa keruang perawatan, dan disanalah saya mulai bertemu dengan Liga usia 1 hari..Subhanallah...itulah sensasi menyusui saya yang pertama kali..

Ruang rawat RS Hermina Depok, ketika itu, saya mengambil ruang utama, yang terdiri dari satu tempat tidur, satu kamar mandi, satu sofa, dua kursi tamu, televisi dan meja. Cukup cozy.. dan pastinya saya mengucap syukur alhamdulillah bisa di rawat di ruang utama.. Terima kasih Ya Allah... Dan disanalah, masa pemulihan pasca persalinan saya, rasa nyeri setelah dijahit masih terasa, sehingga saya butuh banyak istirahat di ruangan itu. Namun, pada intinya, RS ini memberikan fasilitas yang cukup baik, dan susternya ramah-ramah banget. Saya bahkan diajari teknik memijat payudara untuk memperlancar asi dan agar tidak pegal. dan ketika saya bertanya dengan perawat yang mengajari saya tersebut, apa mba sudah menikah? jawabnya "belum". sambil tertawa bersama. Dia aja yang belum menyusui bisa mengajari saya,, tapi soal rasa pijat jangan ditanya..dia jauh lebih berpengalaman..

Poin plusnya, bahkan setelah saya sampai dirumah. RS Hermina masih menghubungi saya, dan menanyakan kabar saya dan bayi. Hingga, salah seorang perawat datang (visit) kerumah saya.. dan memberikan beberapa pelajaran mengenai perawatan bayi.. Dua jempol buat Hermina Depok.. So.. bagi teman2 yang lagi cari referensi tempat periksa dan persalinan, jangan ragu kalau mau pilih ke RS ini.. Terlepas dari ada kekurangan dan kelebihannya..

Well..Sekian review nya.. dan sekali lagi selamat yaa kepada teman2.. wish u all the best.. dan kita bisa reunian sambil bawa anak-anak nanti..

3 komentar:

Ms.wondering mengatakan...

kalo kmr inapny gimana y mba? terus dia itu pro asi atw tidak y? sy g mau kl bayi saya nnti br keluar lgsg dikasih sufor tnp tanya2 dulu,, satu lg y mbaa,, kl dia bayi setelh lahir lngsung disuntik vaksin/imunasisa atw tny kita dl y? kebetulan keluargaku anti vaksinasi,, trims mbaa

NURLITA TSANIA mengatakan...

Kamar inapnya tergolong nyaman mba. Kebetulan kemarin kami ambil kamar utama mba. Hanya saja, ketika saya melahirkan kemarin, RS. Hermina sedang renovasi, jadi terdengar suara ketak ketok tukang mba. Namun, sekarang sudah selesai renov, jadi tentunya tambah nyaman lagi.

RS. Hermina pro ASI mba juga rooming in (bayi dan ibu tidur dalam satu kamar). Suster tidak akan memberikan sufor selama kita bilang kita akan memberikan ASI. Bayi hanya dibawa ke ruang bayi untuk di mandikan dan dijemur mba, setelah itu, dikasihkan lagi ke kita di kamar. Bahkan, suster melatih kita untuk bisa menyusui dengan benar.

untuk imunisasi, akan ditanya dulu sama kita mba. PEngalaman saya, ketika itu anak saya akan di kasih vaksin polio, dan susternya izin saya dulu.

Mud2an membantu ya mba
Trims..

Sukses untuk persalinannya

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaykum. Mba, saya mau tanya nih kira" biaya persalinan disana berainspiring banget ceritanya :') doakan agar saya segera mendapatkan kababaik ttg si kecil ya mba, Aamiin Yaa Robb.. Oiya mba saya mau tanyan mba biaya persalinan disana berapasi mba sama untuk kamar utamanya. Makasi banyak mba, wassalammu'alaykum..