Selasa, 07 Agustus 2012

MPASI PeRdAna...

Dimulai tanggal 1 Agustus 2012 kemarin, Liga dinyatakan lulus ASI Eksklusiffff...alhamdulillah, tidak minum Susu formula sama sekali. Puji dan syukur kepada Allah, ASI ku lancar hingga usia liga hampir 7 bulan sekarang, stok ASI ku difreezer alhamdulillah, masih terbilang cukup. Mudah2an, ASI ku terus lancar dan diberi kemudahan sama Allah untuk memberikan liga ASI hingga usia 2 tahun. Amin. Walau kemarin di usia liga 5 bulan, liga sempat sakit dan minum obat. Tapi, ikhtiarku tetap, bahwa yang terpenting liga sehat dan menu utamanya adalah ASI.

Nah..sekarang adalah start untuk Liga mulai MPASI, semangat ku begitu besar. Terbukti dari usaha ku untuk mencari2 info seputar MPASI, dan mempersiapkan segala tetek bengek mengenai peralatan MPASI. Namun antusiasmeku yang begitu besar menyambut MPASI, tidak terlalu didukung oleh pengetahuanku akan MPASI itu sendiri, terbukti hingga sekarang, aku masih mencari pola yang tepat untuk MPASI dengan mencari informasi sebanyak2nya. Kalau kata suamiku "MPASI adalah ujian yang sebenarnya untuk ibu", karena masa inilah masa dimana aku harus benar2 pandai mengkombinasikan makanan tambahan untuk tumbuh kembang Liga. Berhasil tidaknya ada pada diriku.. Walaupun aku bekerja, tetap peran itu harus tetap dilaksanakan, dengan cara bersinergi dengan ibuku dan mba nya dirumah.
SEMANGAT!!

Dan Ternyata, memberikan liga makanan tidak semudah yang dibayangkan..hihihi, kalau mengingat ekspresi liga ketika menelan makanannya yang pertama... Ya Allah..Nak...Lucu banget si kamu.... Pengen dicium terus!!

Alhamdulillah Liga tidak muntah ketika makan, tapi ketika sudah kenyang ia seringkali menyembur makanannya , dan saat melihat mukanya, Ya Allah Nak.....kamu jadi kayak baby hue..lucu banget!.
Nah..perihal menyembur ini yang jadi PR selanjutnya, bisa jadi ada yang salah dengan cara pemberian makan ku kepada Liga, oleh karena itu, aku terus belajar dan belajar, praktek dan praktek tiada lelah. Walau pulang kerja capek, tapi harus dan harus. karena ini menyenangkan bukan melelahkan.

Lesson learned untuk yang mau MPASI:
1. Belajar tentang MPASI jauh-jauh hari sebelum hari H, paling tidak 3 bulan sebelum MPASI. Apalagi kayak aku yang anak bungsu dan belum pernah sekalipun lihat anak bayi dikasih maem, selain dari liat keponakan yang maem pas main sabtu minggu ke rumah. Itu aja. So..seharusnya jauh2 hari, bahkan kalau perlu pas lagi hamil. ItuWajib!
2. Pantau terus berat badan anak, sehingga grafik peningkatkan/penurunan berat badan bisa terpantau dengan baik, dan sekaligus menjadi bahan evaluasi untuk pemberian MPASI kita.
3. Anak tidak ada yang tidak suka makanan tertentu, So jangan pernah pilih2 makanan. Itu pesan mertua, yang harus aku praktekkan..hehee..
4. Cerna semua masukan tentang MPASI dengan baik, karena ternyata tidak semua nasehat orang lain itu benar dan cocok untuk anak kita.
5. Sabar dan jadikan ini sebagai ladang amal hidup di dunia.

Selamat datang MPASI...
Ibu sama Ayah Sayang banget sama Liga yang tambah pinter..:-)

Tidak ada komentar: