Senin, 26 Desember 2011

Resolusi 2012


Alhamdulillah, sekarang kita tinggal menghitung hari untuk menginjakkan kaki di tahun baru 2012. Tinggal beberapa hari lagi..yups.. Jadi,tak heran dihari2 terakhir di tahun 2011 ini, jalanan mulai agak sepi, selain karena anak sekolah sedang libur sekolah, juga banyak diantara karyawan/ti yang mengambil cuti, tepat di penghujung tahun 2011.

Banyak orang, yang melakukan resolusi di akhir tahun seperti sekarang. Awal tahun baru, bagi umat muslim, memang sudah lewat. Namun, bukan sama sekali untuk mengesampingkannya. Sehubungan Saya khususnya tinggal disebuah negara yang mengadopsi kalender tahun masehi, maka tanpa bermaksud apa2.. Segala pencapaian dan target juga saya tetapkan dari penanggalan Masehi. Tapi, tidak merayakan tahun baru Masehi nanti. Karena islam telah memperingatkannya dengan sangat tegas.

Nah, berikut ini ada sedikit TIPS dalam menentukan resolusi (from: Kompas.com):
Tahun 2011 akan segera berakhir dan sudah saatnya untuk merencanakan resolusi yang baru di tahun 2012. Resolusi merupakan salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan karena dengan resolusi tersebut kita lebih memiliki arah yang jelas dalam melalui hari demi hari. Berikut adalah beberapa hal dalam membuat dan menjaga resolusi kita dapat tercapai:

1. Tentukan target yang jelas
Banyak orang membuat target secara abstrak (tidak detail). Misal: Tahun depan rajin membaca buku, rajin berolahraga, dll. Kita tahu akan resolusi yang akan dilakukan tapi kita tidak membuat bagaimana cara mengukurnya.

*** Saya ingin rajin membaca buku — Membaca 12 buku dalam setahun
*** Saya ingin rajin berolahraga — Berolahraga 3 hari dalam seminggu
*** Saya ingin punya tabungan — Menyisihkan 15% dari total pendapatan

Buatlah “ukuran” dalam pencapaian resolusi.

2. Target jangka pendek
Setelah menentukan resolusi secara garis besar, sebaiknya membuat target jangka pendek. Misal jika kita telah menentukan membaca 12 buku dalam setahun, maka kita bisa membaca 1 buku dalam 1 bulan. Setelah berhasil mencapainya berikan apresiasi pada diri sendiri.

3. Jangan malu untuk meminta tolong
Jika resolusi kita adalah fasih dalam berbahasa asing, maka coba hubungi orang ahli dalam hal tersebut untuk kita mintai pendapat atau membantu kita mencapai tujuan kita tersebut.

4. Lakukan bersama teman atau kelompok
Coba mencari teman yang memiliki resolusi yang sama. Misal ketika kita ingin rajin berolahraga coba cari teman yang juga memiliki tujuan yang saya. Jika ingin rajin menulis cobalah membuat blog atau coba bergabung dengan komunitas (Kompasiana). Dengan memiliki teman atau kelompok yang punya tujuan yang sama akan membuat kita lebih mudah dalam mencapainya dan lebih memiliki motivasi.

5. Evaluasi
Evaluasilah setiap pencapaian yang telah dilakukan. Evaluasi secara bertahap per bulan, per tiga bulan, per enam bulan. Dengan evaluasi tersebut kita bisa mengetahui sudah sejauh mana pencapaian kita. Kita bisa mengevaluasi kenapa hal tersebut tidak tercapai atau apakah ada cara yang kurang tepat dalam mencapai tujuan tersebut. Setelah kita mengetahui kenapa hal tersebut belum tercapai, kita bisa memperbaikinya.

Semua hal-hal diatas sebaiknya kita tulis atau didokumentasikan sehingga kita bisa dengan mudah melihat kembali apa resolusi dan sudah sejauh mana pencapaian kita. Seringkali kita lupa dengan resolusi yang sudah ditetapkan dan ketika sudah akhir tahun kita baru ingat :D…

Nah, seperti itulah sedikitnya informasi mengenai pembuatan resolusi tahun 2012 nanti. Sekarang, tidak ada salahnya saya mengevaluasi segala hal yang telah terjadi di tahun 2011. Di Tahun 2011 memang ada beberapa hal penting yang terjadi seperti :
(1) Penggenapan separuh agama di Bulan Maret 2011
(2) Alhamdulillah, dinyatakan positif hamil di Bulan Mei 2011 - mudah2an kehamilan ini sehat sampai waktu melahirkan nanti
(3) Tinggal di Rumah Mertua, dengan kata lain, meninggalkan rumah orang tua, yang telah sekitar 24 tahun, diriku tinggal di sana.
(4) Menikmati Peran baru sebagai istri yang juga tetap bekerja
(5) Sisanya... Out of the record yaa..


Nah..sekarang, tinggal kita me-listing segala target ditahun 2012. Mudah2an, Allah senantiasa memberikan kemudahan dan petunjuk untuk kita dapat membuat target yang sesuai dengan tuntunanNya.. Amin.

So... How about your plan in 2012??

Tidak ada komentar: