Minggu, 05 Juni 2011

Marhaban Ya Ramadhan

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَاناً وَ احْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Barangsiapa berpuasa pada Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, maka dia diampuni dosanya yang telah lewat." (HR. al-Bukhari, no. 2014 dan Muslim, no. 760)

Subhanallah... siapa yang tidak terharu dengan hadist di atas. Jika, mendengar "maka akan diampuni dosanya yang telah lewat" rasa-rasanya siapa yang akan menyia-nyiakan kesempatan ini. Ya Allah.. sampaikanlah kami pada Ramadhan tahun ini. amin

Ramadhan akan datang dalam hitungan beberapa bulan lagi. Namun, rasa-rasanya ghiroh menyambut ramadhan di dunia kerja sangat jauh berbeda ketika aku SMA atau kuliah dahulu. Dahulu, baru hitungan beberapa bulan lagi saja, gema ramadhan telah terasa merasuk ke jiwa. Semangat untuk melakukan yang terbaik di bulan ramadhan sudah terbayang-bayang di benak. Namun, alasan tempat kerja, bukan menjadi alasan untuk menurunkan semangat beribadah di bulan ramadhan. Betul??

إِذَا دَخَلَ شَهْرَ رَمَضَانَ فُتِحَتْ أَبْوَابَ السَّمَاءِ وَ غُلِّقَتْ أَبْوَابَ جَهَنَّمَ وَسُلْسِلَتِ الشَّياَطِيْنُ
"Apabila bulan Ramadhan telah tiba, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dirantai" (HR. al-Bukhari, no. 1899 dan Muslim, no. 1079)

Ya Allah, sampaikanlah aku dan keluargaku di bulan ramadhan yang penuh berkah.
Ya Allah, mudahkanlah kami untuk senantiasa dapat beribadah dengan ikhlas dan hanya mengharap ridho-Mu di bulan ramadhan kelak
Ya Allah, terimalah amal ibadah kami, ibadah puasa kami, qiyamul lail kami, walau kami sadar, ibadah-ibadah kami itu masih jauh dari sempurna
Ya Allah, terkhusus bagi hamba...
Ampunilah segala kekhilafan hamba yang telah lalu Ya Rabb
Ampunilah segala dosa-dosa kami
Ampunilah segala kesalahan kami Ya Rabb.. Amin

Rasanya senang sekali mendengar bahwa ramadhan akan tiba sebentar lagi..
ingin rasanya cepat-cepat memasuki bulan ramadhan, selain kuliner nya yang memang terasa lebih lezat, namun yang lebih membahagiakan adalah Allah membuka pintu surgaNya dan menutup pintu neraka. Serta memberi kesempatan untuk kita beribadah sebanyak-banyaknya dan memohon ampun atas dosa kita yang telah lalu.

Lantas, apa sajakah yang seharusnya kita lakukan :

Wahai manusia! Siapa yang membaguskan ahlaknya di bulan ini ia akan berhasil melewati sirath/jalan pada hari ketika kaki-kaki tergelincir.
Barang siapa yang meringankan pekerjaan orang-orang yang dimiliki tangan kanannya (pegawai atau pembantu) di bulan ini,
Allah akan meringankan pemeriksaan-Nya di hari Kiamat.
Barang siapa menahan kejelekannya di bulan ini, Allah akan menahan murka-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya.
Barangsiapa memuliakan anak yatim di bulan ini, Allah akan memuliakannya pada hari ia berjumpa dengan-Nya.
Barangsiapa menyambungkan tali persudaraan (silaturahmi) di bulan ini, Allah akan menghubungkan dia dengan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa memutuskan kekeluargaan di bulan ini, Allah akan memutuskan rahmat-Nya pada hari ia berjumpa dengan-Nya.
Barangsiapa melakukan shalat sunat di bulan ini, Allah akan menuliskan baginya kebebasan dari api neraka.
Barangsiapa melakukan shalat fardhu baginya adalah ganjaran seperti melakukan 70 shalat fardhu dibulan yang lain.
Barang siapa memperbanyak shalawat kepadaku di bulan ini, Allah akan memberatkan timbangannya pada hari ketika timbangan meringan.
Barangsiapa pada bulan ini membaca satu ayat Al-Quran, ganjarannya sama seperti mengkhatam Al-Qur’an pada bulan-bulan yang lain.
Wahai manusia! sesungguhnya pintu-pintu surga dibukakan bagimu, maka mintalah kepada Tuhanmu agar tidak akan pernah menutupkannya bagimu.
Pintu-pintu neraka tertutup, maka mohonlah kepada Rabbmu untuk tidak akan pernah dibukakan bagimu.

Setan-setan terbelenggu, maka mintalah agar ia tak lagi pernah menguasaimu.
Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib k.w. berkata,: Aku berdiri dan berkata,

”Ya Rasulullah! Apa amal yang paling utama dibulan ini?”
Jawab Nabi: Ya abal Hasan!
Amal yang paling utama di bulan ini adalah menjaga diri dari apa yang diharamkan Allah”.

Marhaban ya Ramadhan.. :-)
Semoga kita semua dapat menemui ramadhan dan menjalankan ibadah sebaik-baiknya di bulan ramadhan, sebagai bekal untuk menjalankan bulan-bulan selanjutnya dengan penuh ketaqwaan kepada Allah.. amin

Tidak ada komentar: