Kamis, 15 Januari 2009

Gelar Professor

suatu hari, tepat tanggal 14 Januari 2009 bertempat di Botani Square Bogor. aku mendapat kesempatan untuk datang menghadiri peluncuran buku bio-sketsa dari Prof. Muhilal untuk para pecinta gizi. pada saat yang bersamaan, hadir juga Prof. Alfred dari John Hopkins University.. (huhuhu, hope, someday, I could study there..aminnnn) .

Hari itu, sungguh sebuah rangkaian peristiwa yang harus dan patut aku syukuri tiada akhir. mungkin kalo aku sudah status "pegawai" pada saat2 seperti ini, belum tentu aku bisa "jalan-jalan" dan mendapat pengalaman yang sangat sangat berharga dan tak ternilai seperti hal ny hari itu.

hari itu, banyak hal yang aku pelajari dan juga aku petik hikmahnya. Prof. Muhilal telah mengajarkan salah satu keteladanan yang patut untuk kita ikuti. walaupun datang dari keluarga yang sederhana, tapi tekad serta perjuangan beliau membuahkan hasil yang tidak kecil, bayangkan beliau berhasil menjadi seorang professor dengan beberapa prestasi yang terukir sepanjang hidupnya. berhasil sekolah di University of Liverpool, UK. lantas keliling dunia dalam rangka dedikasinya untuk gizi dunia dst. (uang bukan kendala, untuk kita sekolah lagi, untuk belajar lagi, if there is a will, so there is a way..)

selain itu, pada hari itu juga hadir Prof. Alfred Sommer dari John Hopkins University.. subhanallah..hari itu, limpahan semangat diberikan kepada seluruh yang hadir disana. bahwa untuk menjadi seorang peneliti itu harus ulet dan memiliki tekad yang kuat. dan menjadi peneliti itu tidak mudah. saat ini, waktu terus berjalan, para peneliti senior akan segera berganti, dan akan digantikan dengan para peneliti muda. oleh karena itu para peneliti muda ini, juga harus memiliki semangat dan dedikasi yang tidak kalah besarnya dari para peneliti senior.

belajar tiada henti, berdoa, dan fokus pada tujuan, akan mengantarkan kita kepada kesuksesan. tetap rendah hati, tidak sombong dan juga harus bermanfaat untuk orang lain. jangan sampai baik hanya untuk diri sendiri.
juga senantiasa bersyukur kepada ALLah SWT.

jangan pernah berhenti untuk belajar dan memperbaiki diri.., karena dunia menanti dedikasi kita...berani, percaya diri, jangan takut ketika salah karena itu adalah belajar..

15 january 2009
pada salah satu rangkaian peristiwa yang membuatku takjub..
subhanallah....

2 komentar:

curly.blogspot mengatakan...

hai...
im fumi..
kamu hadir juga waktu acara biosketsa itu ya..
aku juga ikut, tapi sebagai panitian dibawah puslitbang gizi.
yap, acara itu begitu berkesan.
Prof. muhillal memang orang yang amat aku segani,orang yang banyak memberikan pengaruh terhadap pemikiran ku terhadap vitamin A. beliau juga yang mematapkan aku waktu konsultasi tentang topik penelitian yang akan diambil bagi penyelesaian tugas akhir (skripsi).
ingatannya membuat ku malu (tentunya dengan kebanggaan) didepan bu Murni (istri beliau) ketika kita bincang-bincang di puslitbang gizi sewaktu ada acara seminar,selepas istirahat, aku bertanya pada beliau mengenai recall, dijawabnya dengan lugas dan jelas meski dengan keterbatasannya.
terus terakhir pertanyaannya tentang mengapa tidak ada AKG untuk lemak, beliau senyum, lalu bertanya : "kamu sudah menghitung lemak tubuh kamu??" jawab ku : "sudah". "berapa??" tanyanya lagi..
"Saya Sudah lupa Prof. karena waktu itu masih di tingkat awal dihitungnya". beliau dan bu murni tertawa geli.. beliau bilang lemak saya sekian, protein sekian.. (ku juga lupa berapa tepatnya) tapi hitungan dulu waktu masih di APN (kira2 waktu Prof. baru masuk kuliah (D3 Gizi, sekarang), sekarang...(beliau menyebutkan ). HAH..Prof. masih inget?? aku jadi malu.,.
mengenai Prof. Alfred Sommer. aku kenal dari tulisannya di jurnal-jurnal dan artikel yang ditulis juga bersama Prof. muhillal. kepeduliannya tentang kejadian defisiensi zat gizi terutama vitamin A begitu memberikan banyak pelajaran bagi kita. Oya, prof. Sommer juga memberikan selamat pada ku ketika bincang2 sewaktu istirahat dari seminar. karena kebetulan pada saat itu aku baru saja seminar dan ujian skripsi.

segitu aja bagi2 ceritanya..
salam kenal

NURLITA TSANIA mengatakan...

iya, fumi..
salam kenal dari ku..
iya, aku bisa ikuy acara yang sangat berkesan itu berkat ajakan dari dosenku.

dan ternyata acara emang keren banget, aku dapet semangat yang besar untuk pecinta gizi di seluruh dunia, bahwa masih banyak hal yang harus di teliti terutama perihal gizi.

dan semangat dari pak Muhilal itulah yang mampu untuk menginspirasi banyak pihak..betul kan?

walaupun sekarang aku tidak bergelut didunia gizi lagi..tapi cintaku akan gizi tidak akan pernah pudar..heheee

jadi inget pas recall sewaktu skripsi juga ketika masukin ke nutrisoft semuanya lengkap rasanya..

kalo ada acara semacam itu lagi, undang-undang aku yaa....